Selasa, 10 Agustus 2010

Kliping Laporan Seni Tari SMA

LAPORAN SENI TARI INDIA
SEMESTER II

I
II
II
I


Disusun Oleh :
1. Desi (6)
2. Eni S (10)
3. Ernawati O(12)
4. Retno S(25)
5. Sinta(28)



SMA N PURWOREJO
Tahun Pelajaran 2009/2010



KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufik dan hidayahnya sehingga memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kami dapat menyusun laporan akhir pelajaran Seni Tari ini.
Laporan ini disusun untuk melengkapi salah satu tugas Seni Budayakelas IX IPS 3 SMA N Purworejo, guna sebagai tugas akhir semester II. Laporan ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak yang telah berkenan membimbing dan memberikan petunjukoleh karena itu pada kesempatan ini perkenankanlah kami mengucapkan terimakasih kepada :

1. Allah SWT
2. Bpk. Drs. H. Bunadi, M.M selaku pembibing
3. Ibu Eni Wahyuti R, S.Pd. selaku pembimbing
4. Ibu Sri Sudaryati
5. Orang-orang terdekat yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penyusun telah berusaha semaksimal mungkin agar laporan ini dapat tersusun dengan baik. Namun, sebagai manusia kami tidak dapat lepas dari kekeliruan dan kekhilafan, sehingga laporan masih jauh dari sempurna karena pepatah mengatakan “tiada gading yang tak retak”. Oleh karena itu demi kemajuan diri, kami sangat mengaharapkan saran-saran dan petunjuk dari berbagai pihak.




Penyusun, 30 Mei 2010


PERSEMBAHAN


Laporan ini kami persembahkan kepada:
1. Orang tua kami tercinta yang telah telah memberikan dukungan.
2. bapak dan Ibu Guru tercinta.
3. Semua teman-teman kami di SMA N Purworejo.
4. Seluruh warga SMA N Purworejo.
5. Bapak H.Bunardi MM selaku Kepala Sekolah SMA N Purworejo.
6. Bapak Fathurohman selaku Wali kelas XI IPS 3
7. Ibu Eni Wahyuti sebagai guru kesenian dan sekaligus pembimbing kami.
8. Orang tua yang telah membesarkan dan menyekolahkan kami.
9. Rekan-rekan yang telah membantu dalam pagelaran ini.
10. Penulis laporan ini terima kasih atas bantuannya.


MOTTO

  • Tidak ada yang bias dicapai tanpa usaha (Adlai Stevenson)
  • Berani tanpa disertai kesabaran akan membunuh diri kita, ambisius tanpa kesabaran dapat memusnahkan karier dan berjuang tanpa kesabaran akan mengablaskan milik yang sudah ada (Og Mandino)
  • Hanya sedikit diantara kita yang matanya cukup tajam untuk melihat kesalahnnya sendiri.
  • Orang yang bijak akan mengoreksi kesalahannya berdasarkan kesalahan yang dibuat orang lain.
  • Setelah kebijaksanaan akan muncul kebahagiaan (Evan esar).

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya yang bersifat indah sehingga dapat mengerakkan jiwa dan perasaan.Tanpa kita sadari, kita mungkin melakukan banyak hal yang berhubungan dengan seni. Misalnya : seni musik, seni tari, seni lukis, keterampilan dan masih banyak seni-seni yang lainnya.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita hamper tidak lepas dari kesenian. Saat kita mendengarkan lagu, tanpa kita sadari kita menikmatinya bahkan sampai menirukannya. Tidak hanya itu, saat kita mendengar musik dengan spontan kita ingin menari mengiringi musik tersebut.
Kami menyusun laporan ini karena kami ingin belajar menyusun sebuah laporan seni dan sebagai hasil laporan kegiatan yang selama ini telah kami laksanakn. Hal ini juga tidak lepas dari tugas Seni Budaya.
Dengan alas an tersebut diatas kami menyusun laporan yang berjudul “Laporan Akhir Penilaian Seni Budaya Kelas XI IPS 3”. Dengan harapan mampu meningkatkan minat para pembaca di bidang Seni Budaya, sehingga seni tidak pernah punah dan tetap dilestarikan.

B. Maksud dan Tujuan

Kami menyusun laporan ini dengan maksud untuk menumbuhkan minat para siswa dan pembaca dalam bidang seni.serta untuk mengetahui adanya kreatifitas dan imajinasi para siswa dalam bidang seni, Dalam kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar siswa karena seringnya latihan-latihan dan dalam hal itu juga diperlukan kerjasama yang baik antar siswa.
Selain itu kami menulis laporan ini dengan tujuan :

1. Belajar menyusun sebuah karya tulis tentang garapan Seni Budaya.
2. Untuk memenuhi tugas Seni budaya.
3. Meningkatkan budaya-budaya seni yang hamper punah di Indonesia.
4. Menghilangkan anggapan bahwa seni itu sulit, karena sebenarnya seni itu mudah dan menyenangkan.
5. Untuk mengetahui bakat dan minat siswa di bidang seni.
6. Untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi para siswa.
7. Untuk melengkapi koleksi buku-buku perpustakaan.

PENDUKUNG


Seni tari di zaman era globalisasi seperti ini jarang sekali peminatnya. Pada zaman sekarang seni lebih unggul sehingga dalam keadaan seperti inilah, kami ingin seni tari lebih maju dan berkembang.
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas akhir smester II ini dengan lancer.
Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Drs. H.Bunadi, MM selaku Kepala Sekolah SMA N8 Purworejo, Ibu Eny sebagai pembimbing utama, atas bimbingan dan sarannya sehingga penyusunan tugas akhir semester 2 ini dapat diselesaikan. Ucapan terimakasih juga ditujukan kepada keluarga Sri Sudaryati yang telah memberikan kesempatan kepada kami (anggota seni tari) selama ini untuk mengkreasikan gerak sehingga menjadikan kami lancer dan lebih baik lagi dalam mengembangkan kreasi gerak.

SENI BUDAYA


1. Thomas Munro
Seni adalah manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.
2. Plato
Seni adalah peniruan bentuk alam dengan segala aspek-aspeknya.
3. Aristoteles
Seni adalah peniruan bentuk alam dengan segala aspeknya di tambah dengan ide penciptanya.
4. Herberd Read
Seni adalah ekspresi
5. Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakan jiwa dan orang lain.

UNSUR-UNSUR SENI
Keindahan(estetika)
Estetika berasal dari kata Aesthesis yang artinya perasaan pencerapan dan persepsi.

Definisi estetika menurut para ahli
1. Leo Tolstoy
Keindahan adalah sesuatu yang dapat mendatangkan rasa menyenagkan bila di lihat.
2. Alexander Baumgarten
Keindahan di pandang sebagai kesatuan yang yang merupakan susunan yang teratur dari bagian-bagian yang mempunyai hubungan erat satu sama lain dan secara keseluruhan.
3.Sulzer
Yang indah itu yang baik yaitu yang dapat memupuk rasa moral.
4. Immanuel Kant
Meninjau keindahan dari 2segi

a. Subjektif
Keindahan adalah sesuatu yang tanpa di renungkan dan tanpa disangkut pautkan dengan kegunaan praktis dapat mendatangkan rasa senang pada si penghayat.
b. Objektif
Keindahan adalah keserasian suatu obyek terhadap tujuan yang dikandungnya sejauh obyek terhadap tujuan yang dikandungnya sejauh obyek tersebut tidak ditinjau dari segi fungsi.
5. Thomas Aquinas
Keindahan akan tercipta bila telah memenuhi 3 syarat.
a. adanya integritas atau perteksi, keutuhan. Kesempurnaan, keterpaduan.
b. Adanya proporsi yang tepat dan harmonis.
c. Adanya kloritas atau kejelasan.

PENUTUP

Alhamdulillah berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa kami sekelompok dapat menyelesaikan pergelaran dan juga membuat laporan ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi saran dan dorongannya.
Walaupun dalam menyusun laporan ini kami mengusahakan dengan semaksimal mungkin, tetapi walaupun demikian pasti jauh dari yang sempurna baik penyusunnan maupun penyajiannya. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Demikian semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami dan juga bagi pembaca.
Amin!!!
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright mix's BLoG 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
| by MIX