Jumat, 05 November 2010

Mengenal Bahaya Abu Vulkanik Dan Tips Pencegahannya




Abu vulkanik, sering disebut juga pasir vulkanik atau jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik jatuhan yang disemburkan ke udara saat terjadi suatu letusan, terdiri dari batuan berukuran besar sampai berukuran halus. Batuan yang berukuran besar (bongkah - kerikil) biasanya jatuh disekitar kawah sampai radius 5 – 7 km dari kawah, dan yang berukuran halus dapat jatuh pada jarak mencapai ratusan km bahkan ribuan km dari kawah karena dapat terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Sebagai contoh letusan G. Krakatau tahun 1883 dapat mengitari bumi berhari-hari, juga letusan G. Galunggung tahun 1982 dapat mencapai Australia.

Salah satu yang berbahaya bagi kesehatan manusia dari letusan gunung berapi adalah debu vulkaniknya. Abunya dapat mengakibatkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Tak hanya itu bahayanya, iritasi mata hingga kebutaan, kerusakan kulit kronis serta menyebabkan gangguan pada sistem paru-paru.

Selain itu, tentu saja bisa mengakibatkan kematian mengingat suhu abu vulkanik bisa mencapai 800 hingga 1.500 derajat celsius.

Debu vulkanik terbentuk dari magma yang terpecah-pecah dengan diameter kurang dari dua milimeter yang tebentuk saat terjadi letusan. Kandungannya terdiri dari gas berbahaya yakni sulfur dioksida, karbon dioksida dan hidrogen flurida.

Bagi pengidap asma dan penyakit pernafasan kronis lainnya seperti emphysema atau bronkitis lebih rentan terkena iritasi jika debu vulkanik memenuhi udara dengan kosentrasi tinggi.

Bahaya lainnya adalah apabila debu naik ke angkasa bisa membentuk awan panas dan menyebabkan hujan asam. Hujan ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia maupun lingkungan karena kandungan racunnya dapat menurunkan kesuburan tanah dan kematian bagi hewan.

Bahaya abu vulkanik ini potensial mengancam mereka yang tinggal dekat dengan area gunung yang meletus. Sedangkan mereka yang tinggal jauh dari pusat letusan resikonya tentu lebih kecil.

Tips menghindari abu vulkanik antara lain menjauhlah dari pusat letusan abu vulkanik, menggunakan masker penutup hidung, gunakanlah pakaian tertutup untuk melindungi kulit serta hindarilah kegiatan di luar rumah. (dari berbagai sumber:fri)

http://himpalaunas.com/artikel/etalase/2010/11/04/mengenal-bahaya-abu-vulkanik-dan-tips-pencegahannya
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright mix's BLoG 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
| by MIX