Minggu, 07 November 2010

Tips Merawat Sepeda Motor Dari Debu


Mesin
Agar performa ruang bakar bisa tetap maksimal maka dilakukan perawatan. Nah untuk urusan seperti ini, melakukannnya enggak mesti datang ke bengkel kok. Cukup modal Rp 30 ribu untuk beli cairan engine conditioner, dengan cara pakai yang cukup mudah alias enggak perlu sekolah mekanik dulu.

Oke deh bila cairan semprot engine conditioner sudah di tangan, lakukan langkah-langkah berikut supaya diperoleh hasil yang maksimal. Pertama awali dengan membuka busi, yang kemudian dilanjutkan dengan langkah penyemprotan secukupnya pada lubang busi.

Diamkan beberapa saat (bisa 5-10 menit), baru kemudian mesin dinyalakan. Sambil mesin dihidupkan mainkan gas. Bila memang ruang bakar itu ada kotoran sisa pembakarannya, maka saat gas di betot akan keluar asap cokelat. Setelah dirasa cukup, matikan mesin lalu ulangi sekali atau dua kali persis dengan cara diatas. Hal tersebut tentunya agar kegiatan ini bisa benar-benar bikin ruang bakar bersih.


Bodi
Sebelum mulai mencuci dengan shampo pastikan dulu badan motor diguyur dengan air dan dibasuh dengan tangan secara merata. “Itu dilakukan agar debu yang menempel, terlepas dulu dari bodi motor,” kata pria yang menyarankan cuci motornya di tempat yang teduh. Baru setelah itu, bodi motor di beri busa dari cairan shampo yang sudah dicampur dengan air bersih. Gunakan sponge halus selama mencuci, jangan sampai setelah di cuci badan motor malah baret-baret karena alat yang dipakai buat mencuci permukaannya kasar.

Cuci-cuci selesai, biar lebih kelihatan kinclong kegiatan selanjutnya dengan memoles bodi motor. Caranya usapkan secara merata cairan khusus poles bodi keseluruh badan motor. Diamkan beberapa saat (bisa 2-3 menit) baru bersihkan dengan lap kain yang bahannya halus. “Bahan yang sama dengan yang dipakai buat kaos dalam paling aman buat poles bodi motor,” anjur Saiful.



Kolong
Wah kalau ada yang biasa, berarti ada kotoran yang luar biasa. “Kotoran di kolong jadi masuk dalam kategori luar biasa, karena debu yang menempel bercampur dengan oli. Biasanya ini terjadi karena ada paking di mesin yang bocor,” ujar Santo Sugandi. Meski benar-benar menempel di permukaan bagian bawah mesin, namun tetap bisa dibersihkan kok. Siapkan saja cairan pembersihnya dari campuran minyak tanah dan sabun colek. Cara besihkannya dengan merontokkan terlebih dahulu kotoran yang sudah menempel dengan obeng min atau sikat kawat.

Setelah itu bersihkan pakai campuran minyak tanah dan sabun dengan sikat yang bulunya kasar. Setelah di gosok merata, bersihkan lagi dengan iar sabun dan lanjutkan dengan menyemprotkan air bersih.


Frame/Rangka
Dengan kondisi yang kasat mata alias terletak di bawah cover bodi atau tangki bensin, membuat frame atau rangka jarang tersentuh kanebo. Akibatnya bisa dipastikan, debu akan menutupi bagian ini.

“Enggak hanya debu, pada motor sport seperti Honda Tiger nggak jarang debu yang bercampur air bisa juga sampai ke frame,” kata Saiful. Nah karena tertutup oleh cover bodi atau tangki, membuat pengerjaan bersih-bersih jadi lebih ribet. Namun enggak semua frame kasat mata. Seperti di bagian pengangan mesin di Honda Tiger atau juga Yamaha Scorpio.

Alat yang digunakan juga sederhana kok, cuma kuas dan sikat gigi plus air sabun. “Pasalnya bagian tersebut tanpa bongkat tangki jadi lumayan nyempil,” kata pria berperawakan langsing ini. Setelah dibersihkan dengan kuas dan air sabun, pastikan dibilas dengan air bersih. Selanjutnya dikeringkan, agar air yang buat bersih-bersih enggak malah menimbulkan karat di rangka.
S : http://www.otomotifnet.com
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright mix's BLoG 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
| by MIX